Friday, January 22, 2010

Saya Tidak Kenal Dia

Saya punya adik, berbeda tiga tahun umurnya dengan saya. Sekarang SMP kelas tiga.

Nurus Syifa namanya.

Err, saya akui dia lebih cantik dari saya, hahaha. Saya tidak suka dia. Bukan, bukan karena dia lebih cantik dan saya tidak suka, bukan. Dia nyolot. Ya, dia sangat tidak tahu diri. Bukan hanya saya yang berfikiran seperti itu, melainkan kakak saya juga sangat setuju dengan pikiran saya itu.

Saya tidak perduli dengan dia.

Gaya pakaiannya norak? Saya bodo amat. Dia dimanfaatin sama temennya? Peduli amat gue. Dia mau jungkir balik atau khayang ditengah jalan? Siapa dia?

Dan akhirnya saya mendengar bahwa dia memilih masuk SMK dibandingkan SMA. Hmm, SMK ya? Adek gue gimana jadinya ntar ya? Bukan, gue bukannya perduli sama dia  sekarang, tapiii, SMK?

Err, bukannya ngejelek-jelekin SMK (sori buat yang tersinggung). Tapi entah kenapa saya tidak suka SMK. Saya tahu ini tidak baik. Saya akui itu, tapi memang begitu yang saya rasa. Saya merasa SMK tidak memiliki lebih banyak pilihan untuk kedepannya (ini hanya pikiran subyektif dari saya).
Bila SMK, siswa sudah harus memilih jurusan yang ia minati, hello, mereka bahkan praktis belum 15 tahun! Masih sangat muda, masih sangat hijau, mereka masih belum mengerti apa-apa. Well, setidaknya adik saya masih NGGA mengerti apapun. Dia emang bego. Lain halnya dengan orang yang memang sudah mantap.

Dan bayangkan saja adik saya itu akan memilih jurusan tataboga. Ya. TATABOGA. TATABOGA.

Tataboga. Ya Tuhaaaan. ADEK GUE TATABOGA?

Pernah masak aja ngga. Oke, selain mie instan. MIE INSTAN.
Saya ngga tahu dapet ide dari mana tuh anak milih tataboga sedang dia sendiri ngga minat dengan masak-masakan?

Oke, saya bohong soal 'saya tidak perduli dengan dia'. Ya saya perduli. Saya kakaknya. Saya PERDULI. Perduli masa depan adik saya! SAYA PERDULI makanya saya mengarahkan dia.

"Lo kenapa ga mau masuk SMA?"
Sifa takut ga masuk.

"Nah itu! Belajar doong. Biar pinter.Biar bisa masuk. Dulu gue belajar, makanya gue bisa masuk SMA favorite. Gue ga ada pikiran gue bakal gagal. Pikiran gue cuma, GUE PASTI BISA. Dan gue emang bisa, karena gue belajar."
Ah biarin dah --ngelanjutin baca komik.

"Lah kok biarin, eh dengerin gue duluuu, baru baca komik."
Ah males.

Ini nih ga sukanya gue sama adek gue. Ngeselin. Mukanya nyolot. Tapi kali ini saya harus sabar. HARUS SABAR FAY.
AHA! Saya mendapatkan titik terang. Saya akan menjadi temannya. Bukan kakaknya. Ya, saya temannya. Saya mencoba melakukan pendekatan. Hmm, rada susah memang, karena dia ngeselin mampus waktu saya sudah mulai menyentil pembicaraan tentang SMK ini, walaupun saya ngomong sebagai teman.
Saya ngajak dia nonton bareng. Makan bareng. Main dan bersenang-senang. Saya adalah temannya. Saya mencoba bersikap baik. Saya benar-benar mencoba bersikap baik padanya.

Dila: Gue liat lo sekarang deket sama sifa.
Saya: Hmm, yeah.
Dila: Bagus deh, lo arahin ya dia, kalo gue, gue udah keburu kesel sendiri, ga kuat.

LO PIKIR GUE GA KESEL.

Jujur, dia emang ngeselin. Banget. Tapi dia juga pribadi yang menyenangkan kok menurut saya, sebagai teman. Sejak saya perhatikan dari kacamata yang berbeda, dia sangat berbeda dari apa yang selama ini saya pikirkan.

Saya sempat malu dengan diri saya. Ternyata saya tidak kenal dia. Sebagai kakaknya yang hidup lebih dari 10 tahun bareng-bareng, saya tidak kenal dia.

Sifa yang saya kenal, selalu penuh, FULL, dengan hal negative. Ternyata dia menyenangkan, dia humoris, dsb. Saya yakin masih banyak sisi positive dari dirinya yang saya tidak ketahui.

Well, kalau iman saya kuat, dan juga kalau saya bisa lebih bersabar menghadapinya, berusaha lebih bersikap baik padanya, suatu saat nanti saya pasti kenal dia.

Dan saya rasa SEHARUSNYA dia juga berusaha bersikap baik pada saya, dan juga semuanya.

SEHARUSNYA.


over and out

No comments:

Post a Comment