Friday, January 8, 2010

Acak Acak Acak

hari aneh, hari aneh, hari aneh. gue mau cerita tentang kemaren. kemaren hari aneh.
sebenernya sih ga aneh aneh banget, cuma cukup absurd lah buat gue.

gue mau pake tas kecil buat ngampus kemaren. well, karena gue bawa titipan buku buat temen gue, gue pun ga bawa dompet kemaren karena tas gue ga muat apa-apa lagi.

kaya biasa, gue ngampus naek bis jepang 46 kebanggaan gue. tiba-tiba ibu-ibu bawa anak kecil datang dan duduk disamping gue. anak kecilnya sumpah cerewet banget! yang tadinya gue berniat tidur di bis karena pasalnya kemaren tuh gue libur harusnya! cuma karena ada kelas tambahan, jadilah saya masuk kemaren, argh.

dan karena anak kecilnya minta di sumpel jadilah gue pelototin dia dan gue jadi ga merem dan ga tidur.
tapi ternyata ya, anak kecilnya itu walaupun cerewet tapi dia lucu.
dia becanda-becanda sama mama-nya, terus ketawa-ketawa berdua. gue pun ikut ketawa, ehem, sendirian.

"MAMA ADE MAU PULANG ADE GA MAU BALIK LAGI! ADE MAU PULANG MAA MAU PULAAAANG. MA ADE MAU PULANG. ADE GA MAU BALIK LAGI. ADE GA MAU BALIK LAGI. ADE MAU PULANG. ADE GA MAU BALIK LAGI. ADE MAU PULANG"

kira-kira selama 5 menit dia tereak kaya gini terus. cuma dua kalimat itu yang dia omongin selama 5 menit terakhir sebelum gue mau bunuh diri dengan cara terjun keluar dari bis lewat jendela.

itu anak tiba-tiba ngupil dan berkata, uups, maksud saya, bertereak :

"MAAA UPILNYA GEDE MA! UPILNYA GEDEEE!! MAMA LIAT! UPILNYA GEDEEE! UPIL GEDEEE! UPIL ADE GEDEEE! UPIL ADE GEDEE MAA! UPIL GEDEE."

dengan segala kewarasan gue, gue pun dikit-dikit duduk menjauh dari si anak. gimana ga risih, tu anak tereak-tereak tentang upilnya yang bigsize sambil nunjuk-nunjuk ngasih liat upilnya itu ke depan muka enyaknya yang tepat ada disamping bahu gue.

rupanya si ibu ini sadar bahwa anaknya jorok dan berkata:
"nak, jangan jorok yaa." sambil memasang tampang bijak bak ibu-ibu dan menarik jari anaknya yang ada raja upilnya serta memeperkannya ke bahunya. YA! MEPER KE BAHUNYAAA yang jelas sangat dempet dengan bahu gue! SANGAT DEMPET DENGAN BAHU GUE!

dan mendarat lah si raja upil di bahu sang ibu yang berkata "nak, jangan jorok ya"
SIAPA SIH YANG JOROK SEBENERNYA BUUUU?

langsung hati gue 'nyuuuussss' takut kenaa upil orang gue.

dan setelah bahu gue udah rada menjauh dari tempat si upil bernaung, gue pun biasa, duduk, mencoba dengan sangat keras buat tidur.

cuma ini anak bener-bener tereaaaak mulu, apaan aja yang diomongin sama dia, ditereakin.

"MA SUARA TOKEK LUCU YA MA"
iyaa lucuuu, tok tok tokeeeek

"MA MAMA ADE GA MAU BALIK YA MA"
iya. kita keruma vina

"MA ADE MAU BERAK MA"
iya tahan dulu

"MA SUARA TOKEK LAGI DAH MA"
tok tok tok tokeeeeek

"MA BERAK MA BERAK"
iya tahan. nanti berak dirumah vina ya

"MA ADE MAU PULANG"
iya, kita ke rumah vina ya

NGESELIN yang denger

"MAA UPILNYA GEDE MAAA UPILNYA GEDE! UPIL GEDE MAAA! UPIL GEDE! MAMA UPIL GEDEEE MA! UPIL MA."

ngedenger tentang raja upil lagi, langsung gue melihat ke arah tu anak kecil sambil siap siaga ngambil ancang-ancang geser pantat menjauhi si upil.

tapi gue ga ngeliat tanda-tanda adanya upil besar dijari si anak yang sedang menunjuk-nunjukkan jarinya. Gue menelusuri arah jarinya menujuk.

DAN GUE MELIHAT BAPAKNYA RAJA UPIL DI LOBANG IDUNG BAPAK-BAPAK YANG SEDANG BERDIRI TEPAT DIDEPAN SI ANAK.

BAPAKNYA RAJA UPIL

langsung gue nahan ketawa. dan gue juga ngeliat orang-orang juga pada nahan ketawa. dan si bapak-bapak menahan malu, tapi sok-sokan bersikap biasa, dan sok-sokan bukan dia yang di tunjuk. dan juga bapak-bapak itu ga berusaha ngebersiin idungnya dari bapaknya raja upil. ya, upilnya sangat besar, ijo dan, ehem, lembek, HAHAHAHAHA

Akhirnya si anak dan ibunya turun, dan bis pun tenang.

Gue nyampe kampus dan turun. dan masuk kelas. dan keluar kelas dan ga ada kerjaan lagi.

laper merajalela dan kami memutuskan makan di WS yang letaknya rada jauh dari kampus. Sebenernya sih biasa aja jauhnya, cuma karena kita jalan kaki dan panas-panasan, jadinya kayak jauuuuuhh banget. Eh pas nyampe, WS nya belom buka. Bukanya setengah jam lagi kata abangnya. kita pun nunggu.

Udah selese makan nih ceritanya. Gue sama icut nemenin jo bikin kartu ktm. terus leha-leha di kostan eno.

Kami memutuskan untuk pulang ke rumah masing-masing. gue dan jo naek bis 46. dan emang karena icut rumahnya di bekasi, jadi dia naek bis yang beda, AC26.

Kaya biasa, jalanan macet banget kalo sore. Udah macet, penumpang membeludak. banyak banget yang mau naek 46, kenapa sih mereka ga naek taksi aja, ato jalan kaki deh sekalian, padet-padetin bis aja.

Kaya biasa juga, kenek bis selalu bilang "AYO KOSONG. KOSONG. KOSONG. AYO NAEK." kosong dari mana deh bang? ini buat napes aja sesek. "MBA MBA GESER TENGAH MBA. GESER TENGAH. GESER TENGAH." geser kemana lagi sih? UDAH MENTOK BANG.

Kaya biasa juga, macet dan panas dan sumpek bikin orang-orang gerah dan naek darah. "JANGAN NAEKIN PENUMPANG LAGI NAPA BANG. UDAH PENUH INI!" tapi si kenek udah biasa di gituin dan ga ngaruh, dia tetep narikin penumpang masuk. bikin orang tambah gerah. para pengendara yang lain pun juga ga tahan sama macetnya.

klakson menggelegar dimana-mana. "TIIIN. TIIIIIIN. TIIN. TIIIN. TIN. TIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN." orang-orang makin dibuat kepanasan. "BERISIK!" kata salah satu penumpang di bis. "Heh, lo pikir tu orang denger apa yang lo omongin? dasar tolol." gue pun membatin.

"ADUUUHH BERISIK BANGET SIH!!"
yaudah siiih, biasa aja. -----gue membatin


"BERISIK BANGET NI MOTOR!"
ga usah tereak-tereak kenapa sih

"KLAKSON TERUS KLAKSON TERUS, BERISIK TAU GA?!"
lo yang berisik, monyet.

lama-lama gue ikutan naek darah juga dah. lagi deh tereak-tereak disamping congor gue. kan ngeselin.

"AAAH BERISIIIIKK" jo tiba-tiba tereak.
lah ini lagi temen gue ikutan berisik.

"JANGAN BERISIK DONG, AH ELAAAH!"
dan akhirnya, gue pun ikut-ikutan berisik.

ternyata si supir bis dan keneknya kayanya ga mau tahu penumpangnya mau turun dimana, mereka masuk tol dan berencana keluar di pancoran. ga mikirin kalo penumpangnya ada yang mau turun di kuningan ada yang mau turun di HERO, kayak gue misalnya. MEREKA GA MAU TAHU.

dan akhirnya penumpang-penumpang pada turun di tengah jalan tol. kaya gue. gue bingung turunnya gimana, saking padetnya penumpang. gue bingung mau lewat mana. dan gue mencoba keluar lewat pintu belakang, dan HAIYAAAAAHHH

ada muntah disana. ADA MUNTAH. YA, ADA MUNTAH.

"ALLAHUAKBAR" gue cuma bilang itu dan langsung ngambil jalan keluar lewat pintu depan. Heeem, panteeesss bau. dikirain bau badan orang karena emang empet-empetannya parah kemaren.

"Jo, masa ada muntah jo dibelakang! anjrit." gw memberitahu jo.
"HAH, serius ada muntah?" mba-mba disamping jo langsung ngeliat ke arah belakang dan berkata "Itu dia muntahnya! aduh gue mau muntah jadinya nih."

"jangaaaaaan."

mau nangis gue rasanya.


gue akhirnya turun di tengah jalan tol pancoran. dan jalan dulu ke bidakara, minta dijemput disana, karena uang gue abis dan ga bawa dompet.


"dek, cawang masih jauh ya dek?" nenek-nenek nanya sama gue pas gue nunggu
 dijemput.

"biasa aja bu, ga jauh-jauh banget. tapi kalo jalan kaki jauh banget bu."
"ngga papa kok, saya jalan."
"laaah, jauh banget lho bu."
"iya ngga papa. saya juga tadi jalan dari mampang ke sini."
"ya Allah ibu ngga capek?"
"ya abis gimana, saya dari sukabumi, cuma bawa uang 25ribu. kesini mau minta uang sama anak saya buat bayar kontrakan sama listrik. eh anak saya ngga ada. saya mau pulang lagi, tapi uang ngga ada. saya belum makan dari tadi pagi. saya juga tadi pas jalan sampai meneteskan air mata saya."
"Ya Allah ibu, saya ngga punya uang bu." mengingat uang abis dan dompet ga bawa.
"Eh buat apa ndo?"
"saya mau bantu ibu tapi uang saya abis. saya ga punya uang. aduh ibu kasian."
"Atuh ngga papa."



nenek-nenek itu pergi. dan gue di jemput. gue sedih ga bisa ngebantu tu nenek-nenek.

pulang-pulang, temen gue bilang kalo tugas design digital gue yang buat syarat uas salah! padahal gue paling dulu, paling pertama, paling rajin ngerjainnya, cuma salah format aja! dan gue harus ngulang tugas gue, nge-crop 150 gambar pake pathtool. dan jangan lupa disave dengan format psd, bukan jpg. argh





over and out

No comments:

Post a Comment