Sunday, January 10, 2010

Mereka Seenaknya

Tugas mahasiswa itu banyak. IP itu penting. IP tinggi sama dengan ngerjain tugas. Gue sebagai mahasiswa dan sebagai anak yang baik, mau banget dapet IP tinggi.

dan gue mahasiswa rajin

Tiap ada tugas, gue langsung ngerjain. Ada saat-saat dimana gue males banget ngerjain tugas. I'm human.

Gue ngerjain tugas juga mood-moodan. kalo mood gue bangus bangeeeet, sehari bisa ngerjain dua tugas atau lebih (boong banget, hahaha). Tapi kalo mood gue lagi buruk? Jangan ditanya deh.

Tapi gue saranin, jangan kaya gue. Jangan kerajinan. Gue ga tau semua fakultas kaya fakultas gue apa ngga, tapi buat mahasiswa fakultas gue, design, jangan kerajinan, okay...

Ada yang bilang dapetin IP tinggi di design itu susah. ya susah. Karena apa? Yang namanya design itu adalah sebuah karya. To create a good design is not as easy as you imagine.

Okay, kalo misal lo emang udah berhasil bikin design yang bagus, tapi apa orang-orang bakal bilang design lo bagus juga? Kami bikin design bukan cuma untuk kepuasan diri. Tapi juga untuk orang lain. Kami diajarkan mendesign dengan cara objektif, bukan subjektif.

Kalo menurut gue karya gue bagus, belum tentu dosen berkata sama.

Udah susah, dosen juga kadang suka seenaknya.
sebagai contoh:

MPK Nirmana

Kami dapat tugas, seperti biasa, dan tugas kali ini adalah menggambar daun dan mewarnainya (hahaha, just like kid). Kami harus bikin sketch dulu, 15x15, dan harus di ACC. Baru setelah itu bikin perbesarannya 30x30, as usual.

gue : Bu, saya minta ACC.
dosen2 : warna daun yang ini mati. ga bagus. ganti.

***
gue : Bu, saya minta ACC.
dosen1 : Hmm, ini ya warna daun yang katanya mati, hmm, tapi bagus kok. Ini saya ACC yaa...

see? setiap orang punya pendapat yang berbeda.

Udah dapet ACC gue bikin pembesaran 30x30.


tugas nirmana yang ga guna dibikin

Dan pertemuan berikutnya, dosennya bilang 'saya mau kamu bikin pembesarannya 40x40 ya, kemarin-kemarin kan 30x30, sekarang saya maunya 40x40'. Kenapa ga bilang dari kemaren buuu?

THATS WHY GUE BILANG JANGAN KERAJINAN.
serba spontan disini

Gue panik. Mau ga mau gue ngulang. Anak-anak belom ada yang ngerjain, kecuali gue, HA! Makan tuh rajin, Fay!

Pertemuan selanjutnya, karena emang 40x40 itu besar, dan tugas yang lain juga banyak. Dan gue juga lagi ga mood gara-gara harus ngulang, jadilah gue belom selesai. Ternyata temen-temen gue juga belom selesai. Cuma tiga orang doang yang selesai. Dan dosen MURKA.

'Tiga orang ini nilainya akan saya tambahkan 5. Dan yang ga ngumpulin pada jam ini, nilainya akan dikurang 50% dari nilai yang kalian dapet. Dan selain tiga orang ini, tidak saya absen.'

THIS IS NOT FAIR MADAM

mereka seenaknya

Gue tetep ngerjain tugas itu walaupun nilainya dipotong 50%. Temen gue ada yang berfikiran sama dengan gue, ada juga yang berfikiran buang-buang waktu dan tenaga bikin tugas yang nantinya bakal bernilai jelek.

eno: Jah, ngapain lo ngerjain nirmana lagi? Orang udah ga diterima.
gue: Ah yang bener? Seriusan?
eno: Bener. Waktu itu dia bilang.

dan gue berhenti mengerjakan.


tugas nirmana yang belom selese

mereka seenaknya

dan hasilnya gue ga punya nilai satu tugas.

Dan nilai satu tugas itu penting buat gue. Karena gue bilang ke nyokap gue, gue pintar, hahaha. Dan juga gue pengen bikin orang tua gue senang dengan cara gue dapet IP tinggi. amin. Gue ga mau mereka berfikir sia-sia ngeluarin uang banyak buat kuliah gue tapi gue ga belajar dengan serius sehingga gue dapet IP yang ngga tinggi.

intinya gue ga mau jelek didepan mereka

gue jelek sama dengan mereka sedih

gue ga mau itu

hahaha jadi OOT gini. balik aaah...

Dan pertemuan berikutnya, ada temen gue yang ngumpulin tugas itu, dan diterima. Diterima.

DAMN.

mereka seenaknya

gue: Bu saya belom di absen kayanya.
dosen: kamu dateng pagi ga?
gue: saya dateng pagi kok bu.
dosen: Tapi saya ga ngeliat kamu.
gue: Tapi saya dateng pagi.
dosen: Saya ga ngeliat kamu.

THIS IS NOT FAIR, MADAM

haruskah gue ngomong gitu? atau

THIS IS NOT FAIR, DOGGY!

Yeah! Gue pilih yang ke DUA.

Diperlakuin seenaknya, ga diabsen dua kali, tugas ga diterima, mahasiswa waras mana yang ngga kesel.

FYI: bukan cuma MPK Nirmana aja yang kaya gini.

Dosen mana yang ngatain anak didiknya MUNAFIK cuma karena dia telat masuk kelas agama?
Dosen mana yang ngatain anak didiknya PERUSUH KELAS padahal dia lagi duduk tenang?
Dosen mana yang ngatain anak didiknya PELOPOR BOLOS padahal kami cuma mau beli makanan karena dari pagi kami belum makan dan kami pun BERNIAT balik lagi?

mereka seenaknya

Dan ini lagi ikut-ikutan, MPK Design Digital. Dari awal liburan gue udah ngerjain tugas liburan ngecrop 150 gambar pake pathtool dengan format JPG, as usual.

'Tugas DD formatnya PSD. Tolong sebarin.'

Temen gue sms. Dosennya baru bilang pas minggu tenang, bukan pas liburan. Ini kan tugas liburan, bukan tugas minggu tenang.

Dan gue udah ngerjain.
udah ngerjain
udah ngerjain
dari awal liburan
dari awal

THATS WHY GUE BILANG JANGAN KERAJINAN
serba spontan disini

Mau ga mau gue ngulang, 150 CROP GAMBAR!

gue kerajinan.

mereka seenaknya


over and out

3 comments:

  1. tiga anak yang telah mengumpulkan nirmana salah satunya adalah SAYA
    ahahahahaha bangga gitu
    gue setuju tuh lo bilang this is not fair, ... (pilihan yang kedua)
    gue mau liat lo berani apa kaga
    hahahaha
    asdos sejarah kaga disinggung nih te?
    hahahahha

    ReplyDelete
  2. kan gue udah tereak-tereak 'anjing' pooonnn, sampe nendang2 meja segala, hahahaha.
    Oiyeee, lupa gue sama dia, hahahaha

    ReplyDelete
  3. itu nirmana apa..??
    lu punya referensi buat nirmana warna dingin gak..??

    ReplyDelete