Saturday, February 13, 2010

Gue Tanggung Jawab Atas Apa yang Gue Sayang

Hari ini gue dikagetkan dengan pernyataan nyokap yang gue terima pagi-pagi buta, pas gue disuruh jagain Ina, adek gue. "Kamu urusin dong Neko sama Leo. Eeknya kamu bersihin." Tumben-tumbenan nanyain kucing, biasanya kagak pernah. 
"Ade ngurusin kok ma. Pagi-pagi ade urusin. Malem juga ade urusin abis pulang kuliah."

Sorenya, gue lebih dikagetkan lagi sama pernyataan nyokap dan bokap gue. "Kucingnya buang aja. Kamu ga tanggung jawab. Ngga ngurusin."


Kaget parah gue dengernya. GA NGURUSIN? GA TANGGUNG JAWAB? Ma, mama sama ayah ngga tau, gimana ade ngurusin mereka. Mama ga pernah nanya apa-apa tentang kucing. Kenapa mama bisa bilang ade GA NGURUSIN mereka? Ade GA TANGGUNG JAWAB ngurus mereka? Dari mana mama tau?


Gue ga bilang itu ke nyokap gw. Terlalu shock denger kucing-kucing gue, anak-anak gue, mau dibuang.


Gue: "Ade ngurusin ma. Ade selalu ngurusin."
Mama: "Mba bilang ke enyak (nenek), mba mau pulang gara-gara kucing, nambah-nambah kerjaannya, padahal kerjaan udah banyak."


Jujur, kesel banget gue dengernya. Gue pernah nanya sama mba gue, "Mba, gimana rasanya kerja disini?" dan mba gue jawab, "Enak teh. Ga ngapa-ngapain disini."
Jadi sebenernya di rumah gue banyak kerjaannya atau ngga? Jangan disini ngomong beda disana ngomong beda.
Waktu gue lagi ngusrusin Neko Leo, mba gue suka manggilin mereka, "Nekooo, Leoooo, main yuuuk." Gue seneng pas mba bilang gitu, tandanya mba suka sama mereka, anak-anak gue.


Gue juga ga ngomong itu ke nyokap gue. Speechless gue.

Gue: "Emang mba ngapain? Ade yang ngurus Neko sama Leo."
Ayah: "Udah buang aja kucingnya. Kamu pelihara kucing kalo kamu udah punya rumah sendiri. Dari pada bikin mba pulang mulu."
Mama: "Itu lah segala macem nyuci anduknya Neko."


Apa? Coba ulang? APA? NYUCI ANDUK NEKO?! Tunggu deh, kalo gue ga salah ya, yang berarti emang bener, itu kan emang kerjaannya mba kan? Nyuci. Astaga. Anduk Neko dan Leo yang dipake buat selimut mereka, itu cuma dua. DUA helai. Cuma nyuci DUA biji anduk yang nambahin kerjaan mba gue yang bikin dia mau pulang? Gitu? Itu pun mba gue ga harus nyuci anduknya setiap hari.
Emang sih, gue akui, akhir-akhir ini gue bersihin tempat eek kucing cuma buang pasirnya aja, dan yang nyuci mba gue. Tapi belom ada seminggu gue serahin soal nyuci tempat eek kucing ke mba gue, yang biasanya gue yang nyuci.


Gue: "Lah itu kan emang kerjaannya mba ma."
Mama: "Ya tapi kan itu nambah-nambahin kerjaan mba de."


Nambah-nambahin kerjaan mba? Oke, biar gue jabarin aja disini, kamar gue jarang disapu dan di pel. Akhirnya gue nyapu kamar gue sendiri hampir tiap hari, kalo gue lagi libur, mana sempet nyapu kalo ada kuliah. Dan karena gue emang ga suka ngepel, gue jadi jarang ngepel kamar gue yang gue curiga banget kamar gue jarang banget di pel sama mba. Paling kamar gue cuma diberesin, itu pun cuma mojok-mojokin barang-barang gue di satu tempat. Dan gue sering beresin kasur gue sendiri. Mba ga perlu beresin kasur gue sering-sering, karena udah gue yang kerjain.
Sebenernya gue ngelakuin itu karena gue tau, berat jadi seorang asisten rumah tangga. Karena kalo lebaran, gue ngerasain. Dan gue ngelakuin itu sebenernya tulus kok. Cuma ya kalo keseringan kan gue juga capek, gue ada kerjaan laen selain nyapu, ngepel, dan beresein kamar gue sendiri. Gue seorang mahasiswi.

Bukan cuma gue, kamar kakak gue pun gitu. Cuma kasur yang diberesin sama mba gue, dan meja belajarnya? Ngga. Lantai? Lengket.


Tetep gue ga bilang ini ke nyokap gue. Masih shock.

Huffh, jadi anggep aja gini, ga imbang banget kan, gue ngerjain yang harusnya dikerjain mba gue yaitu ngeberesin hampir seluruh kamar gue, dan yang gue minta apa? Cuma minta tolong cuciin DUA anduk Neko dan Leo yang ga setiap hari juga perlu dicuci, dan kadang, tolong cuciin tempat eek Neko dan Leo.


Mungkin, kalo nyokap gue baca blog ini, yang gue sebenernya amat sangat pengen mama baca blog ini. Kalo mama baca blog ini, mungkin mama berfikir, "Itu emang udah kewajiban kamu beresin kamar kamu sendiri." Dan buktinya? Gue udah ngelakuin itu. Dan kenapa gue mau banget mama baca blog ini? Gue pengen mama tau, apa yang udah gue lakuin buat anak-anak gue yang malah mau dibuang.

Gue ngurusin mereka. Gue sayang mereka. Mereka udah kayak anak gue sendiri. Tiap ada kesempatan, kerjaan gue nyapu sekeliling kandang kucing, yang biasanya suka jatoh pasir-pasir yang digaruk-garuk mereka dengan lebay buat nutupin bau pipis atau eek mereka, dan juga suka ada makanan mereka yang jatoh dan itu ngundang semut api kecil, yang jahatnya, suka gigit tengkuk kucing, yang tiap ada kesempatan gue sapu supaya mereka ga gigitin anak gue. Itu salah satu upaya gue jagain Neko dan Leo. Walaupun ada kuliah gue sempet-sempetin ngurus mereka. Iyalaaah, mereka anak-anak gue gitu.
Dan tiap pagi, gue ganti pasir eek mereka. Ngasih mereka makan. Ngasih minum. Ngasih vitamin buat mereka napsu makan 3 kali sehari (kalo libur) atau 2 hari sekali (kalo ada kuliah). Siangnya, kalo gue ga kuliah, gue ngasih mereka makan, dan minum, dan vitamin lagi. Dan malamnya, gue ngasih mereka makan lagi, minum, juga vitamin. Kalo Neko Leo sakit, gue bawa ke dokter hewan. Gue vaksin mereka biar ngga gampang sakit. Gue mandiin mereka. Gue urusin bener-bener sebisa gue. 


Dan kalo mama sama ayah lupa, ade ma yang NGURUS Neko kecil jelek yang lagi sekarat sakit mencret yang emang itu bahaya banget buat anak kucing yang lemah, cacat rusuknya kayak Neko. Yang dulu, pertama-tama mama liat Neko, mama bilang, "Ih, kamu, kucing jelek kayak gitu dipelihara, sakit lagi. Kenapa ga ngambil Neko pas dia sehat aja, biar mba trini yang ngurusin dulu sampe sembuh". Dan mama inget apa yang ade bilang? "Ini kucing ade ma. Ade tanggung jawab. Dia sakit, ade yang ngurus. Lagi pula ngga enak juga sama mba trini, kesannya ade cuma mau melihara kucing buat enaknya aja. Ade mau ngurus kucing ade sendiri."

Ade ma yang NGURUS Neko kecil yang sakit hingga SAMPE SEKARANG dia udah jadi CANTIK, SEHAT, LINCAH, kayak yang mama liat sekarang. Dan mama bilang ade NGGA ngurus mereka? Ade NGGA tanggung jawab? Hmm, mungkin mama lupa.

Bukannya lebay, tapi gimana coba kalo misalkan ada yang mau buang anak lo sendiri? Sumpah, kayak yang gue bilang di postingan gue sebelumnya yang judulnya "Neko Leo", Gue cinta banget sama mereka. Gue sayang mereka. Gue nganggep mereka anak gue. Jelas gue nangis mereka mau dibuang, anak-anak gue. 


Gue tanpa bilang apa-apa, langsung pergi ke kamar gue. Gue ga marah. Gue kesel. Maaf ya ma ade kesel sama mama. Coba aja kalo mama baca blog ini. Hmm, ade cuma mau mama tau, kalo ade bener-bener ngurusin Neko Leo dan ade tanggung jawab. Kayak apa yang ade janjiin ke mama, waktu minta izin melihara Neko. Ade tanggung jawab atas apa yang ade sayang, ma.


over and out 

No comments:

Post a Comment